Hand Assisted Laparoscopic Surgery (HALS)

Hand-Assisted Laparoscopic Surgery (HALS) merupakan prosedur bedah canggih di mana ahli bedah menggunakan tangannya untuk memegang instrumen laparoskopi secara langsung. Dengan metode ini, instrumen laparoskopi dapat memperoleh pengamatan sensori yang sulit didapatkan dengan menggunakan lensa kamera saja. Bedah ini memungkinkan pasien mendapatkan keuntungan bedah laparoskopi dan bedah terbuka.

Mengapa HALS lebih baik daripada Bedah Laparoskopi standar?

Pemanfaatan tangan dalam operasi laparoskopi dianggap sebagai alternatif terbaik dibandingkan dengan operasi laparoskopi standar, karena memungkinkan ahli bedah berhasil melakukan operasi yang sebelumnya sangat sulit. Keuntungan utama dari terobosan ini adalah untuk melaksanakan operasi perut yang lebih kompleks, seperti:

  • Hepatectomy
  • Nefrektomi
  • Splenektomi
  • Bedah kolorektal

Teknik Hand Assisted Laparoscopic Surgery (HALS)

Selama Hand-Assisted Laparoscopic Surgery (HALS), dokter bedah Anda akan menggunakan instrumen laparoskopi seperti kamera, di mana mereka akan melihat seluruh prosedur. Selain itu, Tangan dokter bedah yang dimasukkan ke dalam perut Anda bertujuan untuk melakukan prosedur bedah dengan lebih tepat. Salah satu alat yang biasanya digunakan untuk prosedur ini dikenal sebagai Hand Port™. Selanjutnya, dokter bedah Anda akan mempertahankan tingkat pneumoperitoneum saat melakukan operasi.

Karena Hand-Assisted Laparoscopic Surgery menggabungkan dua operasi terbuka dan operasi laparoskopi minimal, maka hal ini memungkinkan ahli bedah untuk meminimalkan risiko bedah dibandingkan dengan prosedur laparoskopi penuh. Hal ini sangat sesuai untuk operasi hati. Secara umum, sistem bedah kebanyakan sangat sesuai untuk melakukan pendekatan laparoskopi dengan bantuan tangan.

Manfaat Hand-Assisted Laparoscopic Surgery (HALS)

Bedah ini memiliki 2 manfaat utama, seperti peningkatan efisiensi bedah dan mempertahankan manfaat dari operasi terbuka dan laparoskopi.

Selain itu Hand-Assisted Laparoscopic Surgery menghasilkan 5 keuntungan utama lainnya:

  1. Keamanan: Penyisipan tangan dokter bedah memastikan tingkat keamanan yang tinggi selama operasi, terutama dalam pengendalian pembuluh darah besar dan struktur organ.
  2. Kualitas proyeksi instrumen laparoskopi yang lebih baik Hand-Assisted Laparoscopic Surgery membantu ahli bedah untuk memasukkan kamera (teleskop) yang membuat kualitas gambar lebih baik.
  3. Sayatan minimal, dibandingkan dengan operasi terbuka
  4. Teknik lebih Sederhana, dibandingkan dengan prosedur laparoskopi penuh
  5. Kesesuaian untuk operasi intra-abdominal yang biasanya sulit.

Komplikasi Hand-Assisted Laparoscopic Surgery (HALS)

Komplikasi yang mungkin timbul dari Hand-Assisted Laparoscopic Surgery selain komplikasi standar yang timbul dari operasi laparoskopi, umumnya termasuk kelelahan dan bekas luka pada kulit (karena sayatan yang lebih besar diperlukan, dibandingkan dengan operasi laparoskopi standar).