Hati

Operasi Hati (Laparoskopi dan Operasi Terbuka)

Penanganan yang paling baik untuk kanker hati (hepatoselular karsinoma) adalah dengan operasi, itupun dengan syarat kanker dapat dioperasi. CT dan MRI Hati dapat mendeteksi apakah tumor hati tersebut bersifat ganas ( kanker) atau tumor jinak yang tidak perlu dilakukan apapun. Sekitar 20-30% tumor hati dapat dioperasi dengan teknik laparoskopi yang menggunakan teknologi terkini.

Selain tumor hati, kasus mestastase hati-kolorektal adalah kondisi lain yang dapat disembuhkan dengan operasi. Keputusan untuk melakukan operasi pada kasus di atas hampir selalu diputuskan bersama spesialis lain yaitu spesialis onkologi, bedah kolorektal dan bedah hepatobiliari sehingga pasien mendapatkan penanganan lengkap dan terpadu.

Ablasi Tumor Hati

Ablasi dapat dilakukan dengan menggunakan gelombang mikro atau energi radiofrekuensi. Prosedur Ablasi tumor hati mungkin lebih cocok untuk pasien-pasien yang mempunyai resiko tinggi, tumor yang letaknya susah dijangkau, pasien dengan fungsi hati yang sangat rendah, pasien dengan beberapa tumor di hati (karena tidak semua tumor dapat diambil dengan operasi) dan tumor kambuhan atau tumor yang tidak bereaksi terhadap kemoterapi.